readbud - get paid to read and rate articles
Pasang Ini Juga Di Website Anda ? Caranya Klik Disini!
Budayakan Tinggalkan Komentar Disini!

Latar Belakang Dan Sejarah Jaringan

Apa Itu Jaringan ? Apa bedanya dengan Internet ? Mungkin kalian masih ada yang bingung mengenai Jaringan dan sejarah perkembanganya sampai sekarang ini Koneksi yang kita pakai ini hasil perkembangan Internet. Untuk lebih detai Tentang Sejarah Jaringan dan Latar Belakangnya simak ulasan Berikut.

Pada tahun 1940-an, di Amerika ada sebuah penelitian yang ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer secara bersama-sama. Hal ini terus berkembang hingga pada tahun 1950-an, terciptana jenis-jenis komputer mulai bervariasi sampai terciptanya tuntutan bahwa sebuah komputer harus melayani beberapa terminal. Tuntutan inilah yang mendasari konsep distribusi proses berdasarkan waktu, dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System), bentuk aplikasi pertama kali sebuah jaringan (Network) komputer. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri kesebuah komputer host.

Time Sharing System.

Selanjutnya konsep ini berkembang menjadi proses distribusi (Distributed Processing). Dalam proses ini beberapa komputer host (server) mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri di setiap host.
Distributed Processing.

Ketika ukuran komputer mengecil dan harga komputer mulai turun serta konsep proses distribusi sudah matang, komputer dan jaringannya sudah mulai digunakan untuk beragam aktivitas seperti menangani proses bersama atau komunikasi antar komputer (Peer to Peer System). Aktivitas tersebut dilakukan tanpa melalui komputer pusat. Pada masa ini teknologi jaringan lokal yang dikenal dengan sbutan LAN (Local Area Network) mulai berkembang. Demikian pula ketika internet diperkenalkan, sebagian besar LAN yang beridiri sendiri mulai saling berhubungan dan membentuk jaringan raksasa di tingkat dunia yang disebut dengan WAN (Wide Area Network).
Berhubung jam sekolah udah mau masuk saya cukupkan Penjelasan sampai disini, Next time saya akan Upload gambar agar lebih spesifik.

1 komentar:

Posting Komentar

Budayakan Meninggalkan Komentar, Kritik Dan Saran. NO SPAM Please!