readbud - get paid to read and rate articles
Pasang Ini Juga Di Website Anda ? Caranya Klik Disini!
Budayakan Tinggalkan Komentar Disini!

Protokol Jaringan TCP/IP


Penyelenggaraan komunikasi antar berbagai macam vendor kompuuter memerlukan sebuah aturan baku yang standar dan disetujui berbagai pihak. Sebagai mana dua orang yang berlainan bangsa, komunikasi yang terjadi di antara mereka memerlukan penerjemah/interprenter atau bahasa yang dimengerti kedua belah pihak.
Dalam dunia komputer dan telekomunikasi, interprenter identik dengan Protokol. Untuk itu maka badan dunia yang menangani masalah standarisasi, ISO (International Organization for Standardization), membuat aturan baku yang dikenal dengan nama model referensi OSI (Open System Interconnection). Dengan demikian semua vendor  perangkat telekomunikasi diharuskan berpedoman pada model referensi ini dalam mengembangkan protokolnya.
Berikut Model Lapisan OSI yang terdiri dari 7 lapisan, yaitu:
  • Aplikasi
  • Presentasi
  • Sesi
  • Transport
  • Network
  • Data Link LLC / Data Link MAC
  • Fisik
Model referensi OSI terdiri dari 7 lapisan, mulai dari lapisan fisik sampai dengan aplikasi. Model referensi ini tidak hanya berguna untuk produk-produk LAN saja, tetapi juga dalam membangun jaringan internet. Standarisasi masalah jaringan tidak hanya dilakukan oleh ISO saja, tetapi juga diselenggarakan oleh badan dunia lainya seperti ITU (International Telecommunication Union), ANSI (American National Standard Institue), NCITS (National Committee for Information Technology Standardization), bahkan juga oleh lembaga Asosiasi Profesi IEEE (Institue of Electrical and Electronics Engineers) dan ATM-Forum di Amerika. Pada prakteknya vendor produk LAN ada yang memakai standar yang dihasilkan IEEE.

0 komentar:

Posting Komentar

Budayakan Meninggalkan Komentar, Kritik Dan Saran. NO SPAM Please!