readbud - get paid to read and rate articles
Pasang Ini Juga Di Website Anda ? Caranya Klik Disini!
Budayakan Tinggalkan Komentar Disini!

Sejarah Keselamatan Kerja

Sejarah Keselamatan Kerja
Masalah keselamatan dan kecelakaan sama tuanya dengan usia manusia, begitu juga keselamatan kerja dimulai sejak manusia bekerja. Hamburabi raja Babilonia abad 17 SM, mengatur UU di negaranya tentang hukuman bagi ahli bangunan yang membangun rumah dan bangunannya yang mendatangkan malapetaka. Masalah keselamatan kerja meluas ke Yunani, Romawi dll. Namun belum merupakan usaha terarah dan terorganisasi, lebih bersifat perorangan. Abad 18 terjadi revolusi industri dengan nilai Positifnya Kemajuan, dan Negatifnya Bertentangan dengan perikemanusiaan sehingga perlu perbaikan.
Perbaikan - Perbaikan diantaranya:
  • Mengurangi jam kerja.
  • Perlindungan kesehatan anak (kondisi pekerjaan), kemudian berkembang ke arah keselamatan dikarenakan meningkatnya tenaga, kecepatan dan makin banyaknya pemakaian mesin yang menyebabkan meningkatnya bahaya.
  • Tahun 1867, Engel Dollfus (Perancis) mendirikan ikatan pencegahan kecelakaan dan pertukaran pengalaman dalam soal keselamatan.
Ikatan Engel Dollfus diantaranya:
  • Pengusaha berhutang budi kepada tenaga kerja lebih dari sekedar memberi upah.
  • Adalah tugas pengusaha untuk memelihara moral dan kondisi fisik tenaga kerja dan kewajiban yang semata-mata moral ini dan tidak dapat diganti dengan upah Jenis apapun harus memenangkan kepentingan pribadi apapun.
  • UU keselamatan kerja di Perancis muncul tahun 1893, Jerman tahun 1869 Tentang Pengawasan Perusahaan, UU kecelakaan tahun 1884.
  • Di Swiss dan Denmark UU perusaahan Telah Ada dari Tahun 1840 namun Pengawasan keselamatan kerja baru menjadi kenyataan tahun 1873 di Denmark dan tahun 1877 di Swiss

0 komentar:

Posting Komentar

Budayakan Meninggalkan Komentar, Kritik Dan Saran. NO SPAM Please!