readbud - get paid to read and rate articles
Pasang Ini Juga Di Website Anda ? Caranya Klik Disini!
Budayakan Tinggalkan Komentar Disini!

Perangkat Jaringan Komputer

LAN tersusun dari beberapa elemen dasar yang meliputi komponen hardware dan software. Komponen hardware meliputi Personal Computer (PC), Network Interface Card (NIC) dan kabel. Sedangkan komponen Software meliputi sistem operasi jaringan, Network Adapter Driver, dan Protokol Jaringan.

1.  Personal Computer (PC)
 Tipe PC yang digunakan dalam jaringan akan sangat menentukan unjuk kerja dari jaringan tersebut. Komputer dengan unjuk kerja tinggi akan mampu mengirim dan mengakses data dalam jaringan dengan cepat. Didalam jaringan tipe Client-Server, komputer yang difungsikan sebagai server mutlak harus memiliki unjuk kerja lebih tinggi dibandingkan komputer-komputer lain sebagai Workstation-nya, karena server akan bertugas menyediakan fasilitas dan mengelola operasional jaringan tersebut.

2. Network Interface Card (NIC)
 Berdasarkan tipe bus, ada beberapa tipe Network Interface Card (NIC) atau Network Card, yaitu ISA (Industry Standard Architecture) dan PCI (Protocol Control Information). Saat ini tipe bus PCI adalah jenis network card yang banyak digunakan.

NIC ISA
NIC PCI


NIC EISA ( Extended ISA)
3. Pengkabelan
 Jaringan Komputer pada dasarnya adalah jaringan kabel yang menghubungkan satu sisi dengan yang lain. Namun bukan berarti jaringan ini berupa kurva tertutup, bisa jadi merupakan kurva terbuka dengan Terminatior di ujungnya. Seiring dengan perkembangan teknologi, penghubung antara komputer pun mengalami perubahan serupa, mulai dari teknologi telegraf yang memanfaatkan gelombang radio hingga teknolohi derat optik dan laser yang menjadi tumpuan perkembangan jaringan komputer. Untuk Lebih Jelas Mengenai PENGKABELAN Klik Disini.

0 komentar:

Posting Komentar

Budayakan Meninggalkan Komentar, Kritik Dan Saran. NO SPAM Please!